Selasa, 30 Desember 2008

Hal-hal Yang Harus Diketahui Tentang Kartu Kredit

Pada saat ini, kita seringkali ditawarkan kartu kredit oleh bank-bank tertentu tentunya tawaran tersebut kita tanggapi secara selektif sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu kita ketahui tentang kartu kredit :

1. Pembayaran iuran kartu kredit.

Saat ini yang berlaku adalah iuran tahunan maupun iuran bulanan, dimana besaran iuran tersebut berbeda tergantung dari jenis kartu yang dipilih. untuk iuran bulanan diberlakukan antara lain pada Bank Mandiri dan lain-lain, sedangkan untuk iuran tahunan dapat kita temukan pada citibank, anz, dan lain-lain.

Sedangkan mengenai besarnya iuran untuk kartu Platinum lebih mahal dibandingkan Gold, dan Gold lebih mahal dibanding kartu Silver.

Beberapa penerbit kartu kredit biasanya menawarkan Gratis iuran 1 tahun pertama untuk pemegang kartu kredit baru, atau gratis pada bulan tertentu selanjutnya adalah sesuai dengan ketentuan bank yang bersangkutan.

2. Bunga yang diterapkan.

Untuk setiap penggunaan kartu kredit, apabila tidak dibayar pada bulan tagihan tentunya akan terkena bunga.

Bunga yang dikenakan rata-rata adalah jenis flat sehingga apabila diefektifkan sekitar 35% Per tahun untuk pembelanjaan.

Bunga untuk penarikan tunai yang dapat ditarik pada atm atau bank cukup besar yaitu sekitar 40-50% per tahun, sehingga sebaiknya perlu dihindari untuk penarikan tunai dan hanya digunakan untuk kepentingan mendesak .

3. Fitur dan benefit yang didapatkan

Masing-masing penerbit memberikan fitur yang hampir sama yaitu :

- Perlindungan asuransi dengan premi yang besarnya sekitar 0.5% dari tagihan per bulan
- Cash Advance : Penarikan secara tunai dari ATM yang jaringannya sama
- Cicilan s/d 24 bulan dengan bunga tetap atau bahkan 0%
- Diskon khusus untuk merchant/toko selama periode kerjasama
- Buy One get One untuk nonton bioskop
- Airport Lounge gratis di bandara
- dll.

4. Kemudahan pembayaran

Semakin besar penerbit bank tersebut biasanya kerjasama dengan bank lain untuk fasilitas pembayarannya juga lebih banyak.

Misal di Indonesia penerbit yang telah menjalin kerjasama cukup banyak adalah Mandiri, Citibank, BCA, dan BNI. Pemilik kartu kredit terbitan bank-bank tersebut dapat membayarkannya melalui jaringan ATM bank-bank yang ada tidak terbatas pada ATM bank penerbit saja. Bahkan terdapat bank yang sudah menjalin kerjasama dengan kantor pos. Sehingga pembayaran juga dapat dilakukan melalui kantor pos.

5. Penukaran point reward

Point Reward sendiri didapatkan apabila setiap pemegang kartu melakukan pembelanjaan dengan kelipatan nominal tertentu.

Point tersebut apabila dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah tertentu bahkan ditukar dengan tiket pesawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar